cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): juli 2019" : 15 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT REALISTIK BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Ari Diantari, Ni Luh Gd; Gading, I Ketut; Ngurah Japa, I Gusti
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.04 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.18069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Melaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian ini diambil setelah dilakukan uji kesetaraan populasi dan didapatkan sampel yaitu, siswa kelas V SD N 7 Melaya yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N 6 Melaya yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data hasil belajar matematika menggunakan tes pilihan ganda. Data yang didapatkan kemudian dianalisis  menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji-t dengan bantuan program SPSS-22.0 for windows. Dari hasil uji-t yang dilakukan didapatkan nilai ttabel sebesar 2,042 dan thitung sebesar 7,188 serta didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000, dikarenakan nilai thitung > ttabel, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik berbantuan LKS terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Melaya tahun ajaran 2017/2018.                      Kata Kunci: Missouri Mathematics Project Realistik, LKS, hasil belajar Matematika
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK (SGW) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA Sutamin, Ni Wayan
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.17 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.18075

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI Blahbatuh di kelas X B5 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X B5 SMA PGRI Blahbatuh pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,59, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,00 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,67. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 48,64%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,97%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94,59%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X B5 semester II SMA PGRI Blahbatuh tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci:  Model Pembelajaran Small Group Work (SGW), Media audio Visual, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA Siteri, Ni Ketut
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.157 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.18070

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ubud di kelas XI P. MIPA 2 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Seni Budaya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas XI P. MIPA 2 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 66,18, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,60 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,84. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa kelas XI P. MIPA 2 SMA Negeri 1 Ubud. Kata kunci:         model pembelajaran Make A Match, Prestasi Belajar Seni Budaya
PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU Hs, Syamsuddin
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.622 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.21164

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di SD Negeri 2 Patas Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD Negeri 2 Patas yang berjumlah 8 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 2 Patas Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 130,50 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 150,13 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 167 berada pada kategori sangat tinggi. Kata kunci: Kinerja Guru, Supervisi akademik
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn Wiryawan, I Wayan Ade; Murda, I Nyoman; Bayu, Gede Wira
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.159 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.18076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 118 siswa, kemudian dengan rumus Yamane sampel berjumlah 91 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan instrumen kuisioner dan metode dokumentasi untuk mengukur prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan. Karena rhitung > rtabel, maka Ha diterima Ho ditolak dan terbukti kebenarannya. Dengan demikian terdapat korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan. Sedangkan  hubungan antara variabel kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn tergolong sedang, dan besarnya hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan yaitu sejumlah 18% dan 82% ditentukan oleh faktor di luar penelitian. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar, PKn
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Taurina Rizqi, Aprilliarose; Sumantri, Made
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.838 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.18071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Penelitian ini termasuk penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Cupel, Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, dengan jumlah sampel 52. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 8,35 > Ftabel = 3,18. (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 4,16 > Ftabel = 3,18. (3) hubungan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA diperoleh Fhitung = 6,69 > Ftabel = 3,18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pola asuh orang tua berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar IPA  siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana secara terpisah maupun simultan.               Kata kunci: motivasi belajar, pola asuh orang tua, hasil belajar IPA
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA NAMA IUPAC SENYAWA ANORGANIK BERBASIS ANDROID Kartini, Ketut Sepdyana; Setiawan, I Ketut
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.535 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.21167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi tata nama IUPAC senyawa anorganik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pelaksanaan pengembangan menggunakan model Research and Development yang terdiri dari : (1) tahap perencanaan (planning),(2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (development). Objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android pada materi tata nama IUPAC senyawa anorganik. Sedangkan subjek penelitian adalah 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media yang memvalidasi instrumen alpha test. Instrumen alpha test merupakan instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai penilaian prodak yang telah dikembangkan. Analisis data instrumen alpha test menggunakan skala guttman. Model instrumen alpha test mengikuti lembar evaluasi dari Alessi & Trollip. Hasil penelitian  di peroleh dari pengujian media alpha test I mendapatkan persentase rata-rata sebesar 75,53 %, pada alpha test II mendapatkan persentase rata-rata sebesar 95,23 % dan pada alpha test III mendapatkan persentase rata-rata sebesar 100 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat baik dan dapat di gunakan. Kata kunci: Media pembelajaran, Android, Tata Nama Senyawa, Pengembangan media
PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR DAPAT DITINGKATKAN MELALUI OPTIMALISASI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL (SMALL GROUP DISCUSSION) Anggreni, Ni Luh Oka
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.846 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.19396

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 11 Sesetan setelah optimalisasi penerapan diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion). Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dimana nilai rata-rata Bahasa Indonesia yang pada awalnya 64,21 meningkat menjadi 73,77 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi mencapai 80,70. Jumlah siswa yang mampu memenuhi KKM pada siklus I 58 % meningkat menjadi 95 % pada siklus II. Sebagai kesimpulan bahwa optimalisasi penerapan metode diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion )dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 11 Sesetan. Kata kunci: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion)
HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL INTERNAL DENGAN PERILAKU BULLYING Atmojo, Adiek Sapto; Tagela, Umbu; Windrawanto, Yustinus
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.102 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.18072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi antara Locus of Control Internaldengan Perilaku Bullying pada siswa kelas X SosialSMA Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SosialSMA Negeri 1. Teknik analisis data yang digunakan adalahKendall’s Tau b. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas X SosialSMA Negeri 1 Tengaranyang berjumlah 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala, Locus of Control Internaldan Perilaku Bullyingyang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori dari Rotter, (dalam  Friedman & Schustack, 2006 ), dan teori dari Biden. B, (2008) menggunakan dasar teori dari Olweus (2003). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan Locus of Control Internal dengan Perilaku Bullying siswa kelas X Sosial SMA Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci : Locus of Control Internal, Perilaku Bullying 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN Arista Dewi, Ni Putu; Sudana, Dewa Nyoman; Parmiti, Desak Putu
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2019): juli 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.017 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i2.18066

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas implementasi model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar PKn kelas V, 2) perbedaan hasil belajar PKnsiswa yang mengikuti model pemebelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Seririt  yang berjumlah 126 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas V di SD N 2 Unggahan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas V SD N 4 Patemon sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistikuji t-Brunning dan anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi model permbelajaran Word Square berbantuan Mind Mappingefektif dalam pembelajaran PKn, 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata-kata kunci: hasil belajar PKn, Mind Mapping, Word Square

Page 1 of 2 | Total Record : 15